7 Manfaat Buah Naga Yang Menakjubkan

Advertisement
Your Ads Here
Buah naga memiliki sejumlah manfaat kesehatan termasuk kemampuannya membantu penurunan berat badan , memperbaiki pencernaan , menurunkan kolesterol, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan tingkat energi. Ini juga membantu mencegah kanker dan penyakit jantung , bertahan melawan bakteri dan jamur, dan membantu dalam keseluruhan fungsi tubuh.

7 Manfaat Buah Naga Yang Menakjubkan

Apa Itu Naga

Buah naga adalah buah yang eksotis dan lezat, yang sering dianggap sebagai "makanan super tropis" karena kekayaannya. Buah ini memiliki kualitas "di bawah radar" yang membuatnya kurang dikenal daripada banyak makanan buah dan makanan utama . Hal ini juga dikenal sebagai "pitaya atau pitahaya" yang berasal dari genus Stenocereus dan Hylocereus . Ini berasal dari Meksiko, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah, namun pemukim New World mungkin membawanya ke negara-negara Asia Tenggara seperti Kamboja, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Filipina, di mana ia tetap menjadi bagian penting dari asupan makanan.

Buah naga hadir dalam tiga varietas, yaitu kulit merah dengan daging merah, kulit merah dengan daging putih, dan kulit kuning dengan daging putih. Ada buah naga manis dan asam, tergantung pada spesies, bentuk, dan ukurannya. Dalam bentuk buah naga yang paling umum, warnanya sedikit lebih kecil dari blewah , berwarna merah, dan tercakup dalam pertumbuhan runcing yang luas.

Saat Anda membukanya, teksturnya seperti kiwi , dan dagingnya diisi dengan biji hitam kecil yang membantu memperbaiki pencernaan. Daging buahnya digunakan untuk membuat anggur dan bisa disaring ke minuman lain, sedangkan daun buah naga bisa direndam untuk bentuk teh yang sangat sehat. Kulit luar yang kasar memiliki sedikit nilai gizi dan jarang dimakan.

Manfaat Kesehatan Buah Naga

Manfaat kesehatan buah naga terutama disebabkan oleh sifat antioksidan, antibakteri, dan khasiatnya. Manfaatnya meliputi dorongan untuk kekebalan tubuh, metabolisme tubuh, dan proses pencernaan yang lebih halus. Mari kita lihat manfaatnya secara rinci:

Meningkatkan Imunitas

Salah satu aspek yang paling menguntungkan dari buah naga adalah kemampuannya untuk memberikan dorongan serius pada sistem pertahanan tubuh Anda. Tingkat tinggi vitamin C yang ditemukan pada buah naga adalah salah satu aset terkuat untuk sistem kekebalan tubuh Anda, dan ini merangsang aktivitas antioksidan lain dalam tubuh juga. Mereka secara aktif mencari dan menghilangkan radikal bebas, produk sampingan yang berbahaya dari metabolisme sel, yang telah dikaitkan langsung dengan kondisi yang berpotensi fatal seperti kanker dan penyakit jantung.

Kaya akan Vitamin

Buah naga juga dikemas dengan vitamin lain selain vitamin C, termasuk kelompok vitamin B. Vitamin B1, B2, dan B3 hadir dalam buah naga memperbaiki segalanya mulai dari tekanan darah, kesehatan kulit, dan kadar kolesterol hingga fungsi tiroid dan metabolisme karbohidrat.

Alat bantu dalam pencernaan

Buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi secara signifikan, yang berarti dapat membantu buang air besar dalam jumlah besar, memfasilitasi perjalanan yang lancar melalui saluran pencernaan, merangsang gerakan peristaltik, dan mendorong pelepasan cairan pencernaan. Dengan mengatur fungsi usus dengan serat makanan, buah ini membantu dalam mencegah berbagai kondisi seperti sembelit , sindrom iritasi usus besar, dan bahkan penyakit serius seperti kanker kolorektal.

Mencegah Kanker

Seiring dengan antioksidan kualitas vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, buah naga juga mengandung sumber antioksidan alami lainnya. Karoten, yang ditemukan pada buah naga telah dikaitkan dengan sejumlah kualitas anti-karsinogenik. Ini membantu dalam mengurangi ukuran tumor juga. Pada dasarnya, buah naga meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dari segala arah, jadi jika Anda merasa seperti Anda sering sakit, merasa berada di bawah cuaca, atau bahkan jika Anda berisiko tinggi terkena kanker, buah naga mungkin adalah jawaban untuk Anda. 

Sifat antibakteri

Dorongan terakhir untuk sistem kekebalan tubuh Anda dari buah naga berasal dari kualitas antijamur dan antibakterinya. Ini dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih di dalam tubuh, yang mempertahankan terhadap racun dan juga menghambat masuknya atau pertumbuhan infeksi jamur atau bakteri dalam sistem organ. Anda juga akan menemukan bahwa itu merangsang regenerasi sel dan mempercepat penyembuhan, sehingga luka dan memar akan sembuh dengan cepat.

Meningkatkan Metabolisme

Asupan protein makanan sangat penting untuk berfungsinya tubuh sehat dan buah naga merupakan sumber protein yang luar biasa baik. Banyak protein yang kita dapatkan dari buah-buahan, sayuran , dan daging dimetabolisme oleh enzim dalam tubuh kita dan berubah menjadi protein yang dapat digunakan yang dapat mempercepat perbaikan sel, meningkatkan kekuatan dan metabolisme, dan membantu kita menurunkan berat badan dan meningkatkan massa otot.

Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Buah naga cukup merupakan buah eksotis dengan sejumlah khasiat unik, salah satunya karena mengandung kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan hampir tidak mengandung lemak jenuh tidak sehat. Dengan mengurangi jumlah kolesterol dalam darah, kemungkinan pengembangan plak di arteri dan vena kurang, sehingga mengurangi kemungkinan Anda menderita aterosklerosis , serangan jantung, dan stroke. Dengan menggunakan buah naga sebagai sumber nutrisi lainnya, Anda tidak berdampak negatif terhadap tubuh Anda dengan cara apa pun, oleh karena itu, reputasi buah sebagai "makanan super" itu benar adanya. Lemak bermanfaat bagi tubuh Anda dan biji buah naga mengandung lemak baik ini, yang bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Kolesterol HDL secara aktif mengurangi jumlah kolesterol LDL dengan menghambat reseptor yang mengikatnya, di dinding arteri.

FAQ Dragonfruit

Baca juga Manfaat kulit manggis disini



Bagaimana Memilih Buah Naga?

Buah naga adalah buah musiman dan saat memilih satu, carilah buah segar dan seragam yang tidak memiliki banyak bintik di atasnya. Sebelum memilih, ambil buah di telapak tangan Anda, tekan perlahan kulitnya untuk memeriksa dan memilih yang sulit namun agak lembut.

Cara Memotong Buah Naga?

Langkah 1: Potong buah naga segar menjadi dua bagian.
Langkah 2: Keluarkan daging dari masing-masing setengah dengan bantuan sendok dengan menjalankan sendok di sekitar tepinya. Daging buah naga yang matang akan keluar dengan mudah.
Langkah 3: Anda bisa mengiris atau memotong daging menjadi kubus.
Catatan: Sisa kulit atau inti buah bisa digunakan sebagai mangkuk sajian mewah.

Resep Buah Naga
Buah naga bisa digunakan dalam menyiapkan banyak resep lezat yang meliputi salad, smoothies, dan kebab.

Smoothie Buah Naga

Bahan:

½ cangkir susu

1 sendok teh madu

Buah naga cincang

Buah atau kacang kering untuk hiasan

Es batu (opsional)

Langkah 1: Campur semua bahan dan aduk sampai Anda mendapatkan konsistensi yang kental.
Langkah 2: Tuangkan campuran ke dalam gelas atau cangkir. Hiasi dengan almond cincang halus atau buah kering sesuai selera.
Buah Naga Kebab

Bahan :

Buah naga

Kiwi, Nanas

Minyak Goreng

Bubuk merica secukupnya

Garam secukupnya

Langkah 1: Potong semua buah yang telah disebutkan di atas ke dalam kubus, sikat dengan minyak dan taruh di atas piring panggang.
Langkah 2: Bakar mereka selama 10 menit.
Langkah 3: Taburkan sedikit garam dan merica bubuk pada kebab dan sajikan panas.
Salad Buah Naga

Bahan:

Buah naga

Stroberi , Pisang , Apel , Pepaya

Sirup madu atau cokelat

Langkah 1: Potong semua buah menjadi potongan kecil dan campurkan dalam mangkuk.
Langkah 2: Dinginkan mereka selama beberapa menit.
Langkah 3: Hiasi dengan madu atau sirup coklat, dan nikmati makanan penutup sehat Anda!
Word of Caution: Tidak ada risiko kesehatan yang terkait dengan buah naga seperti itu dan penelitian bahkan menunjukkan bahwa mereka juga aman untuk wanita hamil dan menyusui . Jadi pergilah ke pasar terdekat dan ambil beberapa buah naga segar, eksotis, lezat dan bergizi liar.

Kata kunci terkait 

Terimakasih udah baca artikel 7 Manfaat Buah Naga Yang Menakjubkan Jangan lupa di share terimakasih

Advertisement
Your Ads Here

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon